Minggu, 03 Mei 2009

SENAM ASTHMA

Pengertian
Senam adalah upaya mempertahankan kondisi baik fisik maupun ental sehari-hari.Gerakan senam selain berfungsi sebagai pemeliharaan kelenturan otot dan syaraf juga sebagai metode peregangan/pemanasan sebelum latihan berat.Gerakan senam ditambah dengan olah pemanasan dapat pula membantu mengurangi kelelahan dan memberikan perasaan rekreatif/relexasi terhadap mental sehingga berfungsisebagai pereda ketegangan/stress.jelas benar,sungguh-sungguh dan teratur.

Senam Pernapasan
Senam pernafasan adalah suatu olahraga pernafasan untuk melatih pernafasan dalam.Dimana,manfaatnya untuk memberi keseimbangan energi, pikiran dan tubuh, melatih kelenturan tubuh, dan dapat memperpanjang umur.Contoh relaksasi : Lakukan senam pernafasan ini sambil berbaring terlentang dengan lengan di samping, telapak tangan menghadap ke atas, dan kedua kaki sedikit terbuka. Pejamkan mata dan coba menarik nafas dalam-dalam untuk menghilangkan semua ketegangan.

Senam napas sehat adalah terapi latihan untuk penderita asthma inipun kurang aktip bila tidak dilakukan di rumah oleh penderita asthma itu sendiri.Dengan senam napas sehat penderita akan mendapatkan pola latihan tertentu,berkelompok sehigga lebih bersemangat untuk melakukannya.senam ini efekti untuk mengurangi frekwensi serangan asthma.
Poblem yang dihadapi penderita asthma adalah :
1. Adanya kondisi saluran napas yang hipersensitif sehingga mudah menyempit jika mendapat rangsangan sehingga timbul kesulitan bernapas,baik inpirasi maupun ekspirasi(terutama ekspirasi).Juga menghilangkan kondisi yang selalu menegang(memendek dan kaku) otot-otot tersebut,sehingga memudahkan pernapasan yang benar dan memperbaiki postur tubuh .
2. program terapi latihan
Latihan pernapasan
Latihan pernapasan (berating Exercice) yang di dalamnya terdapat latihan-latihan yang bertujuan memperbaii kelenturan rongga dada serta diafragma.tujuan utama pada penderita asthma adalah untuk melakukan pernapaan yang benar.


Pada penderita asthma latihan pernapasan selain ditujukan untuk memperbaiki fungsi alat pernapasan,juga bertujuan melatih penderita mengatur pernapasan pada saat akan datangnya serangan asthma.Latihan pernapasan utama bagi penderita asthma adalh latihan napas perut/diafragma khususnya di dalam latihan pada saat mengeluarkan napas(ekspirasi)dilakukan secara aktif,sedangkan sedangkan sewaktu menarik napas,lebih banyak pasip.Mengeluarkan apas melalui mulru yang mencucu seperti sewaktu meniup lilin atau bersiul,pelan-pelan dengan mengempiskan dinding perut.Sewaktu inspirasi dindig perut relaks(pasif)dan udara masuk ke paru-paru melaalui hidung.

b.latihan relaksasi
latihan relaksasi pada penderita asthma bertujuan mencapai kondisi relaaks yang baik sewakyu serangan asthma terjadi maupun dari luar serangan yang ingin dicapai oleh penderita secara spontan dapat relaksasi,baik pada otot-otot pernapasannya maupun mentalnya,pada saat serangan terasa akan datang atau sedang dalam serangan.Terapi latihan untuk penderita asthma
Tujuanya :
Memperbaiki kelenturan (fleksiblitas) rongga dada,sehigga dapat mengenbang-kempis secara optimal,memperbaiki kelenturan dan kekuatan diafragma singga diafragma bisa optimal.
Menegangkan otot-otot pernapasan yang selain memperbaiki kelenturan rongga dada,mengontrol napasnya,meskipun masih sesak.hal ini memberi rasa percaya diri dan membuet penderita menjadi lebih rileks.

SENAM ASTHMA
Pada penderita asthma obat saja belum cukup, olahraga / latihan sangat diperlukan untuk mengontrol asthma. Senam asthma merupakan salah satu upaya untuk pengobatan dan pencegahan bagi penderita asthma. Penderita asthma dianjurkan untuk menbgikuti senam asthma, agar sekitar 30 menit senam ini akan memberikan hasil jika dilakukan sedikitnya 6-8 minggu.
Senam asthma tidak berbeda dengan senam pada umumnya, adapun rangkaian senam asthma :
1. Pemanasan : Dimulai dengan pemanasan
2. Pemanasan inti :
Latihan inti A
Bertujuan untuk melatih cara berpikir yang efektif bagi penderita asthma. Dengan cara menarik napas dan mengeluarkan napas lebih ;lama 2 hitungan.
Latihan B : Bertujuan untuk melepaskan otot – otot menjadi sanatai sehingga irama yang ritnis. Otot – otot menjadi santai sehingga mempermudah pernapasan dan ekspeklorasi.
3. Aerobik : Aerobik dilakukan supaya tubuh dapat menghasilkan Pembakaran 02 Tinggi Untuk Meningkatkan Hembusan Napas Dan Disesuaikan Dengan Kondisi Dan Usia Peserta Senam Asthma.
4. Pendingin : Diakhiri pendinginan dalam pendinginan dilakukan gerakan – gerakan lambat agar otot – otot kembali seperti keadaan semula yaitu dengan menggerakkan tangan sambil menarik napas pelan-pelan.

Manfaat Senam Asthma
1. Otot pernapasan menjadi kuat, leatur, terlatih
2. Dapat bernapas dengan benar jika terjadinya serangan asthma
3. Mudah batuk dan ekspeklorasi (pengeluaran lendir)
4. Mudah mengatasi serangan
5. Aktifitas fisik maksimal
6. Kwalitas hidup lebih baik

Efek samping yang timbul dapat berupa serangan asthma bertambah berat atau timbulmya serangan pneumotoraks (kermpes paru). Oleh karena itu beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan senam asthma.yaitu
· Tidak dalam seraangan asthma
· Tidak dalam serangan gagal hantung
· Tidak dalam kondisi kesehatan yang menurun (flu, kurang tidur, baru sembuh dari sakit dan lain – lain)

Tidak ada komentar:

PELAKSANAAN UJIAN AKHIR PROGRAM PRODI D-IV BIMA

Ujian Sdr. Ummu Sholeha Prodi D-IV Keperawatan Bima Jurusan Keperawatan adalah salah satu prodi yang berada dalam lingkup Poltekkes Mat...