SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI

Selamat datang di blog kami semoga dapat memberikan informasi yang sedang anda cari. Mohon kritik sarannya..dan komentarnya.. Thank yAh....

Minggu, 10 Januari 2010

MODEL KONSEP TEORI - TEORI KEPERAWATAN



MODEL KONSEP dan TEORI KEPERAWATAN
Menurut Myra Estrin Levine
By : Sri Wahyuningsih, Dkk.




PENDAHULUAN

Perkembangan dari berbagai konsep dan teori dalam keperawatan berdasarkan kerangka konsep yang merupakan pandangan dan keyakinan (Paradigma)keperawatan, yaitu pandangan tentang keperawatan sebagai suatu kegiatan, manusia sebagai klain.

Paradigma keperawatan dengan empat komponen esensialnya, memberikan informasi tentang ruang lingkup cakup,batasan,dan esensi serta tujuan dan kemanfaatan dari perkembangn profesi keperawatan.

Adanya pembedaan berbagai teori keperawatan yang disampaikan oleh para ahli bukanlah perbedaan yang perlu diperdebatkan secara prinsip; perbedaan tersebut lebih dikarena adanya perbedaan pandangan pada istilah-istilah yang dipakai pada komponen-komponen yang membentuk PADARADIGMA KEPERAWATAN itu sendiri seperti : komponen manusia/klien, sehat dan kesehatan, masyarakat dan lingkungan, serta keperawatan sebagai bentuk pelayanan/asuhan.

Teori keperawatan menurut sevens (1984) adalah sebagai usaha menguraikan dan menjelaskan berbagai fenomena dalam keperawatan (dikutip dari Taylor c, dkk/1989). Teori keperawatan berperan dalam membedakan keperawatan dengan disiplin ilmu lain dan bertujuan untuk menggambarkan, menjelaskan, memperkirakan, dan mengontrol hasil asuhan atau pelayanan keperawatan yang dilakukan.

Model konseptual keperawatan merupakan suatu cara untuk memandang situasi dan kondisi pekerjaan yang melibatkan perawat di dalamnya. Model konseptual keperawatan memperlihatkan petunjuk bagi organisasi dimana perawat mendapatkan informasi agar mereka peka terhadap apa yang terjadi pada suatu saat dengan apa yang terjadi pada suatu saat juga dan tahu apa yang harus perawat kerjakan

GAMBARAN MODEL KONSEPTUAL KEPERAWATAN

Hampir semua model keperawatan yang diaplikasikan dalam praktik keperawatan professional menggambarkan empat jenis konsep yang sama, yaitu :

1. Orang yang menerima asuhan keperawatan
2. Lingkungan (masyarakat)
3. Kesehatan (sehat/sakit, kesehatan dan penyakit)
4. Keperawatan dan peran perawat (tujuan/sasaran, peran dan fungsi)

Model keperawatan dapat diaplikasikan dalam dalam kegiatan praktik, penelitian dan pengajaran, oleh karena itu model harus diperkenalkan kepada perawat atau calon perawat guna memperkuat profesi keperawatan khususnya dalam mengkoreksi pemikiran yang salah tentang profesi keperawatan seperti : perawat sebagai pembantu dokter,, oleh karena itu model harus diperkenalkan kepada perawat atau calon perawat guna memperkuat profesi keperawatan khususnya dalam mengkoreksi pemikiran yang salah tentang profesi keperawatan seperti : perawat sebagai pembantu

MODEL KONSEPTUAL KEPERAWATAN MENURUT FLORENCE NIGHTINGALE

1. Biografi Florence Nightingale

Selama perang berlangsung, Florence menghadapi pertempuran berat untuk meyakinkan para dokter militer bahwa para perawat wanita pun diperlukan di sebuah rumah sakit militer. Perang Crimea telah membongkar sistem kemiliteran Inggris yang ternyata mengirim ribuan prajurit untuk menjemput kematiannya sendiri akibat kekurangan gizi, penyakit, dan diabaikan. Sebanyak 60.000 prajurit Inggris dikirim ke Crimea. Sejumlah 43.000 meninggal, sakit, atau terluka, dan hanya 7.000 yang terluka oleh musuh.

Gambaran model konseptual keperawatan Florence Nightingale

a. Definisi keperawatan adl. Profesi untuk wanita dengan tujuan menemukan dan menggunakan hukum alam dalam pembangunan kesehatan dan pelayanan kesehatan. Ningtingale menegaskan bahwa keperawatan adl. Ilmu dan kiat yang memerlukan pendidikan formal untuk merawat orang yang sakit.
b. Tujuan tindakan keperawatan adl. Memelihara, mencegah infeksi, dan cedera, memulihkan dari sakit, melakukan pendidikan kesehatan serta mengendalikan lingkungan
c. Alasan tindakan keperawatan yakni Menempatkan manusia pada kondisi yang terbaik secara alami untuk menyembuhkan atau meningkatkan kesehatan serta mencegah penyakit dan luka.
d. Konsep individu adl. Merupakan kesatuan fisik, intelektual, emosional, sosial, dan spiritual yang lengkap dan berpotensi.
e. Konsep sehat adl. Keadaan bebas dari penyakit dan dapat menggunakan kekuatannya secara penuh.
f. Konsep lingkungan adl. Bagian eksternal yang mempengaruhi kesehatan dan sakitnya seseorang.

GAMBARAN MODEL KONSEPTUAL KEPERAWATAN TOKOH YANG LAIN

Virginia Henderson

a. Definisi keperawatan Bantuan yang diberikan kepada individu baik dalam keadaan sehat maupun sakit dalam kegiatannya untuk mencapai keadaan sehat atau sembuh dari penyakit sehingga ia mempunyai kekuatan, keinginan dan pengetahuan.

b. Alasan tindakan keperawatan Pendekatan yang dilakukan untuk memenuhi 14 komponen dari keperawatan.

c. Konsep individu Keadaan biologi dimana tidak dapat dipisahkan antara pikiran dan jasmani.

d. Konsep sehat Kemampuan fungsi independent dalam hubungannya dengan 14 komponen.

e. Konsep lingkungan Tidak terdefinisi dengan jelas, dapat berupa tindakan positif maupun negatif.

Sister Callista Roy

a. Definisi keperawatan Suatu analisa proses dan tindakan sehubungan dengan perawatan sakit atau potensial seseorang untuk sakit.

b. Alasan tindakan keperawatan Aktifitas keperawatan berasal dari model dimana berupa proses pengkajian dan intervensi-intervensi peran diselenggarakan dengan konteks keprawatan dan termasuk manipulasi dari stimuli.

c. Konsep individu Keadaan biopsikososial yang berupa interaksi yang tetap dengan perubahan lingkungan, manusia bersifat sebagai system adaptif yang terbuka.

d. Konsep sehat Rentang sehat sakit merupakan garis yang terus menerus yang menunjukan status sehat atau sakit dimana sesorang butuh pengalaman dan waktu. Sehat sakit merupakan bagian dari hidup manusia.

e. Konsep lingkungan Suatu kondisi yang terus menerus dan mempengaruhi sekelilingnya dan perkembangan organisme serta group organisme.

Myra Estrin Levine
a. Definisi keperawatan Interaksi manusia yang berdasarkan pada prinsip-prinsip ilmiah yang digunakan dalam proses keperawatan.

b. Alasan tindakan keperawatan Perawatan individu yang bersifat holistic untuk setiap kebutuhan seseorang, seseorang mendorong perawat untuk beradaptasi.

c. Konsep individu Interaksi dari individu yang bersifat kompleks antara lingkungan interna dan eksterna yang mengubah adaptasi.

Imogane M. King

a. Definisi keperawatan Suatu proses interaksi manusia antara perawat dan klien.

b. Alasan tindakan keperawatan Perawat dan klien saling mengamati dalam informasi, komuniksai, situasi, tujuan dan tindakan untuk mencapai tujuan.

c. Konsep individu suatu system terbuka mengenai penukaran masalah, energi dan dengan lingkungan yang terbatas.

d. Konsep sehat Aturan dinamik dari stressor dalam lingkungan eksternal dan internal melalui penggunaan optimal untuk mencapoai potensi maksimal dalam kehidupan sehari-hari.

e. Konsep lingkungan Suatu system terbuka yang menunjukkan penukaran masalah energi, informasi dengan keberadaan manusia.

Kesimpulan


Perawat bertanggung jawab sendiri untuk mengembangkan keperawatan menuju kearah yang benar, sesuai hakekat keperawatan. Sesungguhnya suatu pekerjaan yang berat, namun sangat mulia.

Saran

Keperawatan secara keseluruhan berada dalam gerakanpengadaan perubahan, menuju kepada suatu tingkat perkembangan sesuai sebagai hakekatnya sebagai suatu profesi. Perubahan yang terjadi disamping adanya tekanan yang bersifat internal, juga karna tekanan kebutuhan masyarakat dan pembangunan kesehatan, terutama dalam menuntut pelayanan yang benar, bermutu tuntas dan manusiawi. Hal yang demikian ini akan memacu perkembangan keperawatan selanjutnya, khususnya perkembangan pendidikan pelayanan/asuhan keperawatan.

Daftar Bacaan....

Husein, M. 1992, : ”Perkembangan keperawatan”, Makalah pelatihan kemampuan guru DIII dan SPK Dalam Pendayagunaan Laboratorium Keperawatan Institusi Pendidikan Keperawatan.
































MODEL KONSEP TEORI
menurut
Mira Estrin Levine (1967)



KELOMPOK 7
Anggota :

Sri wahyuningsih Anjar dwi wahyuni
Heni wahyuni




Departemen Kesehatan RI Poltekes Mataram
Prodi Kep Bima
Tahun Ajaran 2009/2010

Tidak ada komentar: